It is Me

It is Me
First life

Sunday, November 25, 2012

Impetigo

Horay, kemarin aku genap berusia 7 bulan :) dan beratku sudah 7.6kg, tinggi 67cm dan masih ASI full juga.
Makanku juga banyak karena aku suka makan apalagi kalau manis dan enak :p.

Di usia 7 bulan kemarin ini, aku juga periksa kulit ku karena ada bintik merah yang awalnya hanya setitik kemudian tiba-tiba membesar dan meluas seperti luka bakar.



Untung mama ku tanggap jadi pasca 3 hari semakin lebar, mamaku pergi ke dokter anak siapapun, awalnya didiagnosis itu adalah efek samping akibat suntikan imunisasi, kemudian dikasih salep untuk dipakai setiap mandi.

Tak percaya dengan dokter itu, akhirnya mamaku menunggu 2 hari untuk pergi ke dokter ku yang biasanya, dan lain dokter lain pendapat, aku dibilang kena yang namanya impetigo.

Menurut Dsa ku impetigo itu adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri bisa bakteri stafilokokus atau streptokokus. Cara penularan nya pun bisa macam-macam, bisa karena kurang menjaga kebersihan, atau ada luka kemudian bakterinya bisa masuk. Untuk pengobatannya Dsa ku memberi salep antibiotik yang tidak mengandung steroid.


Salah satu sumber dari http://health.kompas.com/direktori/yourbody/158/Impetigo

Impetigo adalah penyakit infeksi kulit yang sangat menular yang umumnya terjadi pada bayi dan anak-anak. Impetigo biasanya berupa luka merah pada wajah, khususnya disekitar hidung dan mulut. Meskipun ini biasa terjadi ketika bakteri masuk ke dalam tubuh melaluui kulit yang rusak atau terluka, ini juga dapat terjadi pada kulit yang sehat.
Impetigo jarang yang serius, dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam dua sampai tiga minggu. Tetapi karena impetigo terkadang dapat menimbulkan komplikasi, anak anda dapat memilih pengobatan salep antibiotik ataupun antibiotik minum.

Tanda dan gejala impetigo antara lain:

  • Noda merah yang dengan cepat pecah dan mengeluarkan cairan dalam beberapa hari, kemudian membentuk bekas yang kuning kecokelatan
  • Gatal
  • Benjolan berisi cairan yang tidak terasa sakit
  • Pada bentuk yang lebih serius, luka yang berisi cairan atau nanah yang masuk ke dalam bisul
Jenis impetigo:

  • Impetigo contagiosa. Merupakan bentuk paling umum dari impetigo, yang biasanya dimulai dengan noda merah pada wajah, paling sering di sekitar hidung dan mulut. Luka dengan cepat memecah dan mengeluarkan cairan atau nanah yang kemudian membentuk kerak berwarna kuning. Luka tersebut mungkin gatal, akan tetapi tidak terasa sakit.
  • Bullous impetigo. Umumnya diderita oleh bayi dan anak dibawah usia 2 tahun. Impetigo ini tidak menyebabkan rasa sakit dan berisi cairan –biasanya pada pinggul, lengan atau leher. Kulit disekitarnya biasanya merah dan gatal tetapi tidak terluka. Benjolan berisi cairan ini dapat pecah dan menyisakan kerak berwarna kekuningan, dapat besar atau kecil, dan dapat hilang lebih lama daripada impetigo jenis lainnya.
  • Ecthyma. Merupakan jenis impetigo yang lebih serius yang terdapat di lapisan dalam kulit (dermis). Tanda dan gejala antara lain luka berisi cairan atau nanah yang terasa sakit, biasanya pada kaki. Kemudian memecah dengan kerak yang berwarna kuning keabu-abuan dank eras. Bekas akan tertinggal setelah luka sembuh. Ecthyma dapat juga menyebabkan pembengkakan kelenjar limpa pada area yang terkena.
Penyebab
Ada dua jenis bakteri yang menyebabkan impetigo –staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenes. Kedua jenis bakteri ini dapat hidup di kulit anda sampai mereka masuk ke dalam tubuh melalui luka dan menyebabkan infeksi.
Pada orang dewasa, impetigo biasanya disebabkan dari cedera pada kulit –sering disebabkan oleh kondisi kulit lain seperti dermatitis. Anak-anak umumnya terinfeksi melalui luka atau gigitan serangga, tetapi mereka juga bisa mengalami impetigo tanpa memiliki cedera kulit apapun.
Anda terkena bakteri yang menyebabkan impetigo ketika anda secara sengaja atau tidak melakukan kontak dengan mereka yang terinfeksi atau dengan benda yang mereka gunakan, seperti pakaian, kasur, handuk dan bahkan mainan. 

Faktor risiko
Meskipun siapa saja bisa mengalami impetigo, anak berusia 2 sampai 6 tahun dan bayi adalah yang paling banyak mengalaminya. Anak secara khusus rentan mengalami infeksi karena sistem imun mereka masih dalam tahap perkembangan. Karena itulah impetigo dapat dengan menyebar melalui kelompok bermain atau di sekolah.
Faktor lain yang meningkatkan impetigo antara lain:

  • Bersentuhan langsung dengan mereka yang terkena impetigo atau dengan peralatan yang terkontaminasi
  • Kondisi yang ramai
  • Cuaca panas dan lembab
  • Berpartisipasi pada kegiatan olahraga yang memungkinkan untuk bersentuhan kulit, seperti sepakbola atau gulat

Mereka yang memiliki diabetes atau sistem imun yang lemah secara khusus lebih rentan terkena ecthyma, jenis impetigo yang lebih serius.

Pencegahan
Menjaga kulit tetap bersih adalah jalan terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat. Obati luka terbuka, gigitan serangga dan bentuk luka lain secara benar dengan membersihkan area yang terluka dengan menggunakan antibiotik.
Jika seseorang dalam keluarga anda memiliki impetigo, lakukan tindakan berikut untuk mencegahnya menular:

  • Cuci area yang terinfeksi dengan sabun lembut dan air mengalir
  • Cuci pakaian mereka yang terinfeksi setiap hari dan jangan berbagi penggunaan
  • Gunakan sarung tangan ketika menggunakan salep antibiotik dan segera cuci tangan anda setelahnya
  • Potong kuku anak yang terinfeksi untuk menghindari kerusakan kulit akibat menggaruk area yang terinfeksi
  • Cuci tangan secara teratur
  • Jaga anak anda tetap dirumah sampai dokter mengizinkan


======================================================================

Horay, yesterday I reached the age of 7 months :) and my weight is 7.6kg,67cm high and is still breastfeeding full well.
My eating too much because I like to eat especially if sweet and delicious :p.

At the age of 7 months ago, I also check my skin because there is a rash that initially only a speck then suddenly enlarged and spread like burns.

Luckily my mom so responsive after 3 days getting wider, my mama went to the pediatrician who, initially diagnosed it was side effects from immunization injections, then given an ointment to use every bath.

Do not believe the doctor, my mother ended up waiting 2 days to go to my doctor normally, and so another doctor opinion, I sort of got the name impetigo.

According to my pediatrician, impetigo is a skin infection caused by bacteria. The bacteria staphylococcus or streptococcus bacteria can. Bacteria mode of transmission could be anything, could be due to lack of hygiene, or no bacteria can enter the wound. For treatment my pediatrician gave me an antibiotic ointment that does not contain steroids.

One source of http://health.kompas.com/direktori/yourbody/158/Impetigo

Impetigo is a disease which is highly contagious skin infection that usually occurs in infants and children. Impetigo is usually a red sores on the face, especially around the nose and mouth. Although this usually happens when the bacteria enter the body melaluui damaged or injured skin, it can also occur in healthy skin.
Impetigo is rarely serious and usually disappear on their own within two to three weeks. But because impetigo can sometimes lead to complications, your child can choose antibiotic treatment or antibiotic ointment to drink.

Signs and symptoms of impetigo include:

  • Red stain that quickly rupture and leak within a few days, then formed yellow-brown scars Itch
  • Fluid-filled lump that does not hurt
  • On a more serious form, wound fluid or pus into the abscess

Types of impetigo:

  • Impetigo contagiosa. It is the most common form of impetigo, which usually starts with red spots on the face, most often around the nose and mouth. Luka quickly break down and remove fluid or pus which then forms a yellow crust. The wound may itch, but not pain.
  • Bullous impetigo. Commonly affects infants and children under the age of 2 years. Impetigo is not causing pain and fluid-usually in the hips, arms or neck. Surrounding skin is usually red and itchy but not injured. Fluid-filled bumps may rupture, leaving a yellowish crust, can be large or small, and can disappear longer than other types of impetigo.
  • Ecthyma. Is a more serious type of impetigo contained in the inner layer of skin (dermis). Signs and symptoms include sores filled with fluid or pus that feels pain, usually in the legs. Then break up the crust of the yellow-gray dank eras. The former will be left after the wound is healed. Ecthyma can also cause swelling of lymph nodes in the affected area.
Cause
There are two types of bacteria that cause impetigo-staphylococcus aureus and streptococcus pyogenes. Both types of bacteria can live on your skin until they enter the body through wounds and cause infection.
In adults, impetigo is usually caused from injury to the skin often caused by other skin conditions such as dermatitis. Children are usually infected through wounds or insect bites, but they also may have impetigo without having any skin injury.
You are exposed to the bacteria that cause impetigo when you intentionally or no contact with those infected or with objects that they use, such as clothing, bedding, towels and even toys.

Risk factors
Although anyone may develop impetigo, children aged 2 to 6 years and a baby is the most experienced. Children are particularly susceptible to infection because their immune systems are still in the development phase. That's why impetigo can spread through the playground or at school.
Other factors that increase the impetigo include:

  • Direct contact with those affected by impetigo or with contaminated equipment
  • Conditions bustling
  • The weather was hot and humid
  • Participating in sports activities that allow for skin contact, such as football or wrestling

Those who have diabetes or weakened immune systems are particularly susceptible ecthyma, impetigo more serious kind.

Prevention

  • Keeping skin clean is the best way to keep skin healthy. Treat open wounds, insect bites and other injuries form properly by cleaning the injured area by using antibiotics.
  • If someone in your family has impetigo, perform the following actions to prevent infectious:
  • Wash the affected area with mild soap and running water
  • Wash their clothes are infected every day and do not share the use of
  • Use gloves when using an antibiotic ointment and wash your hands afterwards
  • Cut nails infected children to prevent skin damage caused by scratching the affected area
  • Wash your hands regularly
  • Keep your child remain at home until the doctor allows





4 comments:

  1. Mba, apa nama salepnya? Anak saya kena, impetigo jg udah k dsa malah dsuruh kasih beatdin sampe kering baru disalepin, tpi ga kering jga hiks

    ReplyDelete
  2. Mba, apa nama salepnya? Anak saya kena, impetigo jg udah k dsa malah dsuruh kasih beatdin sampe kering baru disalepin, tpi ga kering jga hiks

    ReplyDelete
  3. Mba, apa nama salepnya? Anak saya kena, impetigo jg udah k dsa malah dsuruh kasih beatdin sampe kering baru disalepin, tpi ga kering jga hiks

    ReplyDelete
  4. Mba, nama salepnya apa? Ini anak saya kena tapi gak dikasih salep malah dikasih obat minum antibiotik

    ReplyDelete